Universitas Yudharta Menjalin MoU dengan PT. Telkom Witel sidoarjo dan Mengadakan Workshop Jaringan FIberoptic

pada hari selasa, 26 November 2019 di gedung Hallmeeting lantai 3 Gedung Nusantara Universitas Yudharta ada momen spesial yang tidak terlupakan yaitu ada acara kontrak kerjasama dengan PT. Telkom Witel Sidoarjo. tidak hanya itu dalam acara ini ada acara pengenalan teknologi cloud computing dan jaringan fiber optic. acara diini dihadiri sebanyak 60 perta yaitu 6  orang dari Telkom Sidoarjo yang membawa tim TelkomSigma dan TelkomAkses, 40 dari mahasiswa informatika dan 8 orang dari dosen serta struktural yudharta. Telkom sigma merupakan layanan telkom dalam bidang cloud computing, datacenter dan bigdata, untuk TelkomAkses merupakan layanan telkom dalam bidang fiberoptic/jaringan kabel.

Acara ini diawali dengan membacakan lagu indonesia raya. kemudian sambutan dari masing-masing pihak yaitu dari Rektor Universitas Yudharta yakni Bpk.Kholid Murtadlo, beliau menyampaikan manfaat teknologi di era milenial ini. pihak kampus dan mahasiswa harus mampu mengikuti perkembangan teknologi sekarang ini. sarana ini harus digunakan semaksimal mungkin dalam kegiatan kedepan seperti pemagangan mahasiswa. setelah sambutan rektor dilanjutkan dengan sambutan dari General Manager Telkom yaitu Bpk. Putro Dewanto, beliau mengungkapkan secara gamblang tentang perkembangan teknologi mulai dari RE 1.0 yaitu teknologi Asap sampai RE 4.0 yaitu internet, Kecerdasan Buatan. beliau mengatakan kepada para mahasiwa bahwa kalian tidak salah jurusan dan kalian masuk jurusan yang tepat di era RE 4.0. tidak hanya itu beliau sangat mengapresiasi kegiatan ini diharapkan ada RTL untuk kegiatan yang lain.

Acara workshop sebagai pemungkas acara di hari tersebut. Materi 1 tentang Perkembangan Teknologi di telkom dan teknologi cloud serta datacenter yang disampaikan bu Tatik selalu penanggungjawab layanan telkom di area surabaya , beliau menjelaskan perkembangan teknologi yang ada ditelkom. beliau menjelaskan telkom punya datasenter yang berada di jakarta, surabaya, dan sentul. beliau juga berpesan kampus harus siap menyediakan infrastruktur yang newadai dalam bidang teknologi internet bagi civitas akademika. setelah itu ada sesi tanya jawab dari mahasiswa.

Materi ke -2 yaitu tentang Jaringan Fiber Optic yang disampaikan mas Sabid. beliau merupakan tutor Fiberoptic Academy telkom. beliau menjelaskan bahwa fiberoptic kecepatannya lebih unggul dari kabel biasa. karena teknologi 4G dan 5G menggunakan fiberoptic. adabeberapa jenis fiberoptic

  • Fiber To The Home (FTTH), merupakan fiber optik untuk rumah-rumah pelanggan
  • Fiber To The Office (FTTO), merupakan fiber optik untuk perkantoran
  • Fiber TO tHe Building (FTTB), merupakan fiber optik untuk gedung-gedung
  • Fiber To The Curb (FTTC), merupakan fiber optik yang dibawa pada operator node yang berdekatan dengan pengguna.
  • Fiber To The Node (FTTN), merupakan fiber optik yang dibawa pada node paling dekat di sisi

Harapan dari ISAK SIGIT SATRIYA selaku Manager Bussiness sservice telkom berharap kedepan kampus mempunya Lab FiberOptic dan ada sertifikasi/uji kompetensi bagi Siswa SMK dan Mahasiwa yang ingin mendapatkan sertifikat bidang fiberoptic. (Imron Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *