Guna Peningkatan Kesadaran Keamanan Data dan jaringan Universitas Yudharta Pasuruan gandeng PT. Telkom Witel Sidoarjo mengadakan Webinar Security Awareness

(Yudharta) – Pada hari selasa, 20 Juli 2020 Prodi Teknik Informatika Universitas Yudharta Pasuruan melaksanakan webinar dengan tema “SECURITY AWARENESS” webinar ini sebagai RTL (lanjutan) dari hasil MoU dengan PT. TELKOM, TBK Witel Sidoarjo. yang sebelumnya sudah melaksanakan seminar dan workshop jaringan fiber optic dan cloud computing. Pada webinar ini pemateri ada 2. Yang pertama dari PT. Telkom, TBK yakni Bapak Pandu Noer Umaro, S. Komputer, Security Product Specialist dan Pak Ricky Mulyawan, S. Teknik, Security Solution Architect. serta Pak Rachmanto selaku Account manager telkom Pandaan. Pemateri kedua yakni Bapak Rahmad Zainal Abidin, M.Kom selaku Dosen Teknik Informatika Universitas Yudharta pasuruan bidang keahlian keamanan data dan jaringan. Pada acara ini langsung di moderator oleh Bapak Imron Rosadi, M.Kom selaku kaprodi Teknik Informatika Universitas Yudharta Pasuruan.

nstansi atau perusahaan sangat membutuhkan keamanan sistem informasi atau teknologi informasi yang baik untuk melindungi aset-asetnya, berupa data dan informasi penting yang sensitif. Untuk itu perlu kiranya agar setiap pengguna sistem informasi memiliki keperdulian terhadap keamanan (Security Awareness) atas sistem informasi yang digunakan. security awareness merupakan bagaimana setiap pegawai dan atau setiap orang yang memiliki potensi mengakses sistem informasi perusahaan mengerti:

• Keamanan sistem informasi dan level keamanan sistem informasi
• Pentingnya keamanan sistem dan konsekuensi atas kelemahan-kelemahan keamanan sistem.
• Tanggung jawab masing-masing individu atas keamanan sistem informasi dan tindakan untuk mengamankan sistem informasi
Jadi Security Awareness merupakan tanggung jawab setiap pegawai dan pengguna.

Foto Pemateri dan para peserta webinar Security Awareness

pada webinar ini diikuti oleh kalangan guru, dosen, mahasiswa dan umum. peserta sebanyak 70 dan ada juga peserta dari luar jawa yaitu sumatra. pada acara ini mas Pandu menjelaskan pada tahun 2020 sebanyak 500 miliyar benda sudah terhubung dengan internet. banyak lanskap ancaman yang terus meningkat yaitu URL malicious, web attack,mobile ransomware, serta peningkatan IoT Attack untuk mengangani serangan Web, Mail, Apps, File dan lain-lain.

Komponen keamanan informasi berupa integritas (Menjaga kemanan, keakuratan, kelengkapan informasi serta metodenya, Confidentialitas (Menjaga informasi yang bisa diakses oleh pihak yang berwenang, availabilitas (memastikan informasi tersedia saat dibutuhkan). oleh karena itu seorang IT/Personal harus selalu up to date meningkatkan keamanan datanya. serta harus mengetahui beberapa jenis virus dan ransomewar agar data kita aman dari ancaman. jangan lupa mengaktifkan antivirus agar terhindar dari serangan Malware, Spamming, dll.

materi sistem keamanan data menggunakan kriptografi dan dongle flasdisk

pada sesi webinar ke 2 yaitu teknik enskripsi data menggunakan dongle flasdisk yang dipaparkan oleh bapak Rahmad Zainal Abidin. data file penting kita bisa dirubah ke gambar.

setelah sesi webinar selesai pihak telkom memberikan giveaway bagi 4 penanya terbaik berupa saldo 50ribu rupiah. yang mendapatkan pemenang antara lain: Muhammad Irfan, S.Kom, SMK Anwarul Maliki Sukorejo,. Ariq Andrean SMKN 13 Kota bekasi, Aldri Armasnyah SMKN 3 METRO, serta Mat Rukun SMKN1 Kalitengah Sumatra. (imron)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *